Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi Penderita Maag, Perhatikan Daftar Makanan dan Minuman Ini!

 Bagi Penderita Maag, Perhatikan Daftar Makanan dan Minuman ini!


Memilah dan memilih makanan yang dikonsumsi adalah kunci utama pencegahan maag. Dikutip dari halodoc.com, berikut macam-macam jenis makanan dan minuman yang aman untuk lambung dan yang perlu dihindari/dikurangi:


   A. Makanan dan Minuman Yang Perlu Dikonsumsi

1. Sayuran. Brokoli, asparagus, kacang hijau, dan seledri adalah jenis-jenis sayuran rendah asam sehingga aman untuk perut.

2. Sayuran akar. Sayuran akar, seperti kentang, bit, dan wortel tidak mengandung gas, sehingga aman untuk lambung.

3. Oatmeal. Selain bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, oatmeal juga rendah gula dan tinggi serat, sehingga tidak menyebabkan refluks asam lambung.

4. Roti. Roti yang terbuat dari gandum whole wheat atau whole grain yang belum diproses kaya akan serat, dan kaya akan vitamin yang aman untuk lambung.

5. Nasi. Memang sulit makan tanpa nasi, namun jika memungkinkan, gunakanlah beras merah sebagai alternatifnya.

6. Daging dan unggas, atau ikan, dan seafood non-lemak. Sakit maag bukan berarti tidak boleh makan daging. Akan tetapi, kita bisa menikmati lezatnya daging-dagingan dengan memilih potongan yang rendah lemak.

7. Putih telur. Makanan ini penuh protein dan rendah lemak. Hindarilah kuning telur karena memicu refluks asam.  

8. Buah. Semua buah baik untuk kesehatan, tapi pengidap maag sebaiknya mengurangi buah-buahan tinggi asam seperti lemon, jeruk, ataupun tomat.


   B. Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari/Dikurangi

1. Alkohol. Sudah menjadi rahasia umum bahwa alkohol dapat mengiritasi lambung.

2. Kafein. Kurangilah atau hentikan kebiasaan minum kopi, teh, dan soda berkafein. Kafein ini adalah zat yang meningkatkan produksi asam lambung.

3. Susu. Walaupun mengandung nutrisi baik, ternyata susu termasuk minuman yang meningkatkan asam lambung. Jadi, alangkah lebih baik untuk menguranginya.

4. Daging tertentu. Hindarilah daging olahan dan daging yang berlemak tinggi karena dapat memicu refluks asam.

5. Makanan berlemak tinggi. Usahakan Anda untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tambahan yang dapat meningkatkan asam lambung dan memicu refluks.

6. Makanan pedas. Makanan pedas yang dibuat atau dicampur dengan cabai, merica, dan lada hitam bisa meningkatkan produksi asam lambung dan memicu refluks.

7. Makanan asin. Makanan asin ini meningkatkan pertumbuhan bakteri H. pylori, yakni bakteri yang dapat menyebabkan maag.

8. Cokelat. Cokelat ini meningkatkan produksi asam lambung dan memicu gejala refluks.


Dan tentunya jangan lupa untuk rutin minum air putih. Air putih adalah minuman yang murah dan menyehatkan. Kita juga perlu untuk mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh untuk membantu organ-organ tubuh bekerja dengan optimal. Usahakan untuk minum 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan, serta sebelum tidur.




Referensi : 

halodoc.com dengan beberapa penyesuaian. 

Posting Komentar untuk "Bagi Penderita Maag, Perhatikan Daftar Makanan dan Minuman Ini! "