Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terkuak, Inilah Beberapa Perbedaan Mencolok Antara Lebah dan Tawon yang Perlu Anda Ketahui

 Seringkali orang kesulitan membedakan lebah dan tawon karena mereka sama-sama berasal dari ordo hymenoptera yang membuat bentuk fisik mereka sekilas sangat mirip. Baik lebah maupun tawon masing-masing sangat berguna untuk lingkungan terutama kemampuan mereka untuk membantu penyerbukan (polinasi) tumbuhan. Akan tetapi, sebenarnya kedua serangga ini memiliki banyak sekali perbedaan. Baiklah, inilah 5 perbedaan mencolok diantara keduanya: 


1. Fisiknya

Meskipun bentuk fisik mereka hampir sama, tetapi bila dilihat lebih jelas lebah memiliki lebih banyak bulu yang terletak pada seluruh tubuhnya dibandingkan tawon. Selain itu, tubuh lebah juga tampak lebih berisi, sedangkan tawon memiliki bentuk tubuh yang ramping.

Gambar / foto : ilustrasi perbedaan  lebah dan tawon..

2. Sifatnya

Tawon dikenal dengan sifat yang lebih agresif dibandingkan dengan lebah. Mereka merupakan hewan karnivora dan predator yang memangsa serangga lain seperti ulat dan lalat. Disisi lain, lebah lebih tenang karena merupakan hewan herbivora yang hanya memakan nektar saja. Jika merasa terancam, biasanya lebah akan memanggil kawanannya untuk menyerang secara bersamaan.

3. Kemampuan  Menyengat

Baik lebah ataupun tawon sama-sama dapat menyengat sebagai bentuk perlindungan diri mereka. Akan tetapi, lebah hanya dapat menyengat satu kali karena mereka akan langsung mati setelah itu. Hal ini karena sengat lebah akan menempel pada targetnya yang menyebabkan mereka juga terluka.

4. Koloninya

Hanya lebah yang dapat menghasilkan madu. Biasanya madu dihasilkan oleh kumpulan lebah pekerja, sehingga lebah memiliki lebih banyak koloni karena kebutuhan mereka tersebut. Sedangkan tawon tidak memerlukan terlalu banyak koloni karena mereka tidak dapat menghasilkan madu sendiri meskipun mereka juga memakan nektar. Biasanya tawon menyerang sarang lebah untuk mengambil nektarnya.

5.Sarangnya

Sarang lebah maupun tawon juga sangat berbeda. Biasanya sarang lebah terbuat dari lilin yang berbentuk hexagonal dan ditemukan di rongga pohon. Sebaliknya, tawon tidak memiliki kelenjar penghasil lilin sehingga sarang mereka terbuat dari serat selulosa yang dikunyah bersama dengan air liur. Sarang tawon juga dapat bertambah besar dari waktu ke waktu.

Baiklah, demikian perbedaan mencolok antara lebah dan tawon yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. 


Sumber : 

pestcare.id (dengan beberapa penyesuaian) 

Posting Komentar untuk "Terkuak, Inilah Beberapa Perbedaan Mencolok Antara Lebah dan Tawon yang Perlu Anda Ketahui "