Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Paham tentang Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan penyakit yang bisa menyerang semua golongan usia, termasuk anak muda hingga orang tua. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Untuk mengetahui informasi lebih dalam, yuk kita simak artikel ini karena kita akan mengenal lebih paham tentang diabetes melitus.


A. Mengenal Lebih Paham Tentang Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau biasa dikenal dengan diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa di dalam darah. Kondisi seperti itu sering disebut sebagai penyakit kencing manis.

Gula yang berada di dalam darah yang seharusnya diserap oleh sel-sel yang ada di tubuh untuk diubah menjadi energi. Kadar gula itu dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas.

Namun pada penderita diabetes melitus, pankreas tidak dapat memproduksi insulin sesuai apa yang dibutuhkan tubuh. Apabila terjadi gangguan pada insulin, seseorang berisiko tinggi mengalami diabetes melitus. Beberapa kondisi yang menyebabkan diabetes melitus, seperti:

1. Kurangnya produksi insulin oleh pankreas

2. Gangguan respon tubuh terhadap insulin

3. Terdapat pengaruh hormon lain yang bisa menghambat kinerja insulin

Glukosa yang tidak dapat diserap sel tubuh dengan baik akan menumpuk dalam darah. Kondisi seperti itu akan menimbulkan gangguan pada organ tubuh. Apabila kondisi itu diabaikan dan kadar gula darah tinggi tanpa dikendalikan, diabetes akan menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan.


B. Jenis-jenis Diabetes Melitus

Pada umumnya, diabetes melitus dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Nah, berikut ini penjelasannya:

1. Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan gangguan autoimun yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel yang memproduksi hormon insulin dalam pankreas. Hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan pankreas yang memproduksi insulin.

Akibatnya, tubuh kekurangan insulin. Kurangnya produksi insulin bisa meningkatkan kadar gula darah.

Diabetes tipe 1 dikenal dengan diabetes automin. Penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.

2. Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit gula darah yang paling banyak terjadi. Kondisi tersebut lebih sering terjadi pada orang dewasa berumur di atas 30 tahun. 

Diabetes tipe ini terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin sehingga mengakibatkan insulin yang dihasilkan tidak digunakan dengan baik. Kondisi seperti itu dikenal dengan istilah resistensi insulin.

Selain kedua jenis diabetes melitus yang kita telah kita bahas sebelumnya, ada jenis diabetes yang biasa terjadi pada ibu hamil, yaitu diabetes gestasional. Diabetes jenis ini terjadi karena perubahan hormon pada masa kehamilan, namun biasanya gula darah akan kembali normal setelah masa persalinan.


C. Bagaimana Cara Mencegah Diabetes Melitus?

Penyakit diabetes melitus tipe 1 sulit untuk dicegah karena berhubungan dengan faktor genetik dan kondisi autoimun. Sedangkan, diabetes tipe 2 masih dapat dicegah.

Ini dia beberapa cara mencegah diabetes melitus yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, kamu perlu membatasi konsumsi gula. Kamu bisa mengganti gula pasir dengan sejenis pemanis rendah gula dan mengontrol asupan kalori.

2. Rajin Berolahraga

Usahakan untuk rutin melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Lakukan 3-5 kali seminggu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memaksimalkan pencapaian target berat badan ideal.

3. Banyak Makan Buah dan Sayur

Bisakan makan dengan sayur dan konsumsi buah-buahan. Dengan makan sayur dan buah segar setiap hari, kamu bisa mengurangi resiko terjangkit penyakit diabetes melitus.



Sumber gambar: google images, shopee web.


Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Paham tentang Diabetes Melitus"