Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Resesi? Inilah Penjelasannya

    Apa itu Resesi? Inilah Penjelasannya --- Resesi adalah periode penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang berlangsung selama beberapa bulan atau lebih. Selama resesi, aktivitas ekonomi secara umum mengalami penurunan dalam hal produksi, konsumsi, investasi, dan lapangan kerja. Hal ini biasanya diukur melalui penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) secara berturut-turut dalam dua kuartal atau lebih.


Ilustrasi dari google images.


    Gejala-gejala resesi meliputi:

- Penurunan PDB: Ekonomi mengalami kontraksi, yang berarti total nilai barang dan jasa yang diproduksi menurun.

- Tingkat Pengangguran Meningkat: Banyak perusahaan mengurangi tenaga kerja atau bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

- Penurunan Konsumsi: Masyarakat cenderung mengurangi pengeluaran mereka karena ketidakpastian ekonomi.

- Penurunan Investasi: Perusahaan mungkin menunda atau membatalkan proyek investasi baru.


    Resesi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk krisis finansial, penurunan permintaan konsumen, perubahan kebijakan ekonomi, atau guncangan eksternal seperti bencana alam. Pemerintah dan bank sentral sering kali menerapkan kebijakan ekonomi, seperti stimulus fiskal atau penurunan suku bunga, untuk mengatasi dampak resesi dan mendorong pemulihan ekonomi.


    Baiklah, demikian beberapa penjelasan tentang resesi. Jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare ya. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat. :-)


**IKLAN SHOPEE**

Stik/kerupuk ikan tongkol 1 kg. Cek harga dll klik -->  KLIK 



Posting Komentar untuk "Apa itu Resesi? Inilah Penjelasannya "