Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Mengatasi Galau

Ulasan Pribadi (6 Tips) Untuk Atasi Galau.

By Taufik Ismail

Assalamu'alaikum, saudara/i semua, kali ini saya ingin membagi info sederhana, yang insyaa Allah antum (Anda) semua sudah pernah tahu, namun mungkin lupa dan lain sebagainya.
Yaitu, tentang 6 tips mengatasi galau.
Bukan sok pintar atau apa, namun untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, insyaa Allah.
:-)

Baik, berikut ini 6 tips tersebut:
1. Berdzikir (mengingat Allah).
Saya yakin hampir semua kaum muslimin percaya bahwa dzikrullah merupakan obat yang mujarab untuk penawar galau.
Dimana disebutkan dalam Al Quran, yang kurang lebih artinya "Sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah (dzikrullah) hati menjadi tenang" . Termasuk dzikir adalah membaca Al Quran dan atau sholat (sholat sunnah dua rokaat).


2. Mengingat Kematian
Ya, dengan mengingat mati maka kegalauan akan berkurang bahkan sirna. Bagaimana tidak, ia akan melupakan masalahnya di dunia yang tak masuk akal jika dibawa ke akhirat. Tapi, perlu diingat, ingat mati di sini bukan berarti ingin bunuh diri ya, namun ingat akan akhirat sehingga merubah galau menjadi amalan sholeh seperti zikir, atau wudhu, baca al Quran, dan atau sejenisnya.

3. Menyerahkan urusan kepada Allah (tawakal)
Jika seseorang telah mengalami kebuntuan dengan urusannya. Ataupun menghadapi problem hidup yang sangat berat dan besar kadarnya, atau semisalnya. Maka, serahkanlah ia pada Dzat Yang Maha Mampu, Maha Kuasa, Maha Agung. Yakinlah bahwa tak ada 1 problem-pun yang luput dari Kuasanya. Dan yakinlah bahwa tak ada 1 hal-pun yang Allah tidak mampu.

4. Ringankan Tekanan
Seorang guru IPA (science) berkata, Tekanan (Pressure=P) akan besar jika Gaya (Force=F) besar, namun Luas Cakupan (Area=A) yang ia jangkau kecil. Maka sadarlah, kita ini kecil, ilmu kita terbatas, pengetahuan kita minim, sehingga jangan ditambah berat dengan banyak bergaya, jangan banyak aksi basa basi yang tidak kita ilmui.

5. Ingat Orang atau Hal yang Kita Sayangi
Ini juga merupakan salah satu tips yang tergolong jitu. Dengan ingat orang atau hal yang kita sayangi/cintai, insya Allah kita akan lebih menghibur diri. Sebutlah hal-hal yang baik.

6. Jika Memungkinkan Tidurlah, atau Rilekslah
Buat diri Anda serileks mungkin atau tidurlah, jika memungkinkan. Jika tidak, maka lakukan hal positif lainnya. Tidur adalah jalan pintas dan pamungkas jika sudah sangat sulit keluar dari galau. Dan sambil lah berzikir dan atau berdoa.

Demikian saudara/i. Sekali lagi, saya bukan bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar. Akan tetapi, berbagi manfaat, pengalaman yang positif, serta terus belajar Saya rasa penting.
Semoga bermanfaat, terkhusus untuk Saya pribadi, dan umumya bagi yang membutuhkan, aamiin.

Wallahu a'lam.

Wassalamu'alaykum.

Posting Komentar untuk "6 Tips Mengatasi Galau "